Celebrating King's Day in the Netherlands: A Vibrant Tradition of Orange, Festivities, and Cultural Heritage
Bahasa Indonesia

Merayakan Hari Raja di Belanda: Tradisi Oranye, Perayaan, dan Warisan Budaya yang Semarak

Baca artikel ini dalam bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia. Ketahui sejarahnya dalam bahasa pilihan Anda!


Sejak Raja Willem Alexander resmi naik takhta pada tahun 2013, negara ini merayakan ulang tahunnya dengan sebutan Hari Raja.

Belanda dan Warna Oranye

Pada Hari Raja, Belanda menjadi lautan oranye yang semarak. Oranye merupakan warna yang diasosiasikan dengan keluarga kerajaan Belanda atau House of Orange Nassau. Warna oranye menjadi simbol monarki mereka. Dinasti itu memainkan peran penting dalam sejarah Belanda, menjadikan oranye memiliki makna nasional yang mendalam. Warna oranye merupakan simbol kebanggaan, persatuan, dan jati diri bangsa. Belanda bangga memakai dan menampilkan warna ini saat acara nasional. Hal ini juga dapat dengan mudah dikenali selama kompetisi dan perayaan olahraga.

Raja Belanda sedang bersenang-senang di hari ulang tahunnya dengan penduduk Emmen |  Raja dan Ratu Belanda sedang makan bersama dengan anak-anak Belanda.
Foto : Instagram Koninklijkhuis


Sejarah Hari Raja dimulai pada abad ke-16. Tersebutlah Willem van Oranje, pemimpin penting dalam Perang Kemerdekaan Belanda melawan kekuasaan Spanyol. Nama ‘Oranje’ berasal dari Oranye di Perancis selatan, yang diwarisi dari William. Dari situlah warna ini  menjadi identik dengan House of Orange Nassau dan patriotisme Belanda.

Sejarah Hari Raja

Hari Raja, yang dikenal sebagai Koningsdag dalam bahasa Belanda, memiliki sejarah yang kaya sejak berabad-abad yang lalu. Awalnya diperingati sebagai Hari Putri, untuk menghormati kelahiran Putri Wilhelmina pada tanggal 31 Agustus 1885. Perayaan ini diadakan dengan berbagai acara, termasuk parade dan acara-acara khusus.

Pada tahun 1890, ketika Wilhelmina menjadi Ratu perayaan tersebut berubah menjadi Hari Ratu. Tetapi tanggalnya bergeser menjadi tanggal 30 April, tepat di hari ulang tahun ratu. Hari Ratu menjadi hari libur nasional penting yang ditandai dengan perayaan, pasar, dan acara budaya di seluruh Belanda.




Tradisi ini berlanjut hingga masa pemerintahan Ratu Juliana dan Ratu Beatrix. Tanggal perayaannya tetap sama karena ulang tahun Ratu Beatrix juga jatuh pada tanggal 30 April

Pada tahun 2013, Ratu Beatrix turun tahta dan digantikan oleh putranya Willem Alexander. Willem Alexander adalah raja Belanda pertama dalam lebih dari satu abad. Karena ulang tahunnya jatuh pada tanggal 27 April, maka perayaannya bergeser ke tanggal 27 April dan berganti dari Hari Ratu menjadi Hari Raja.

Raja dan Ratu Belanda mempersilahkan penduduk mengambil hidangan dalam perayaan ulang tahun Raja.
Foto: Instagram Koninklijkhuis


Pasar Jalanan

Acara paling populer di hari penting ini adalah pasar kaget di sepanjang jalan. Tradisi sejarah ini menjaga dan menambah suasana kemeriahan. Anda bisa melihat para pedagang atau warga biasa menjajakan dagangannya di alun-alun kota dan taman umum.



Pasar kaget ini memberikan kesempatan kepada penduduk lokal untuk berkumpul dan membuat suasana menjadi hidup. Penduduk diperbolehkan menjual barang dan kerajinan bekas tanpa pajak. Pasar jalanan menawarkan kesenangan yang dapat diakses oleh penduduk lokal dan wisatawan karena pasar ini hanya diadakan setahun sekali.

Raja Belanda menerima selamat dari penduduk yang menunggunya di alun-alun kota Emmen | Raja Belanda menyampaikan pidatonya di depan publik, di kota Emmen
Foto : Instagram Koninklijkhuis

Tandai Agenda Anda

Hari Raja adalah hari libur nasional yang dicintai masyarakat Belanda. Banyaknya pengunjung ke pasar dapat menguntungkan bisnis sekitar seperti kafe, restoran, dan toko. Pertukaran budaya menjadikan hari besar ini sebuah pengalaman yang berkesan bagi semua pihak yang terlibat


Raja Belanda sedang berbincang-bincang dengan pejabat setempat di kota Emmen
Foto : Instagram Koninklijkhuis


Jadi, jika Anda berencana berkunjung ke Belanda, jangan lewatkan festival ini. Anda dapat melihat betapa indahnya seluruh Belanda dalam warna oranye, mencicipi makanan ringan tradisional Belanda seperti sirop wafels dan oliebollen khas Belanda, menyaksikan pertunjukan serta parade lokal, dan ikut serta dalam melihat kekayaan warisan budaya Belanda. Hari istimewa ini menjanjikan momen yang akan Anda ingat selama bertahun-tahun yang akan datang. Rencanakan perjalanan Anda ke Belanda pada bulan April dan rasakan keajaiban Hari Raja. Tandai agenda Anda dan bergabunglah dengan saya untuk perayaan yang tiada duanya!

Ibu Retno Marsudi, menteri luar negeri Indonesia ( sekarang ) yang juga pernah menjabat sebagai Duta Besar Indonesia di Belanda datang ke undangan perayaan ulang tahun raja di Kedutaan Belanda, Kuningan, Jakarta
Foto: Instagram retno_marsudi

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Temukan Jawabannya di Sini

Hari Raja adalah hari libur nasional di Belanda yang dirayakan untuk menghormati hari ulang tahun raja yang berkuasa ( saat ini Raja Willem Alexander). Ini adalah hari yang penuh dengan perayaan, acara budaya, dan pasar kaget di alun-alun kota atau taman umum yang semarak.

Oranye adalah warna yang diasosiasikan dengan keluarga kerajaan Belanda, House of Orange Nassau. Warna ini melambangkan kebanggaan, persatuan, dan identitas nasional, yang berasal dari peran penting dinasti ini dalam sejarah Belanda.

Awalnya dikenal sebagai Hari Putri, hari ini memperingati kelahiran Putri Wilhelmina pada tahun 1885. Seiring berjalannya waktu, hari ini berkembang menjadi Hari Ratu ketika Wilhelmina naik takhta pada tahun 1890. Pada tahun 2013, menjadi Hari Raja sejak  Raja Willem Alexander naik tahta.

Hari Raja dirayakan dengan berbagai perayaan, termasuk parade, acara budaya, dan pasar jalanan. Orang-orang berpakaian oranye, menjual barang di pasar kaget, dan berpartisipasi dalam kegiatan komunitas di seluruh negeri.

Hari Raja dirayakan pada tanggal 27 April, tepat di hari ulang tahun Raja Willem Alexander. Namun jika tanggal 27 April jatuh pada hari Minggu, maka diperingati sehari sebelumnya, yaitu tanggal 26 April.

Pengunjung dapat melihat seluruh negeri dihiasi dengan warna oranye, menikmati makanan ringan tradisional Belanda seperti sirop wafels dan oliebollen, menyaksikan pertunjukan dan parade lokal, dan menyelami warisan budaya Belanda yang kaya.

Hari Raja dirayakan dengan berbagai perayaan, termasuk parade, acara budaya, dan pasar jalanan. Orang-orang berpakaian oranye, menjual barang di pasar jalanan, dan berpartisipasi dalam kegiatan komunitas di seluruh negeri.

Rencanakan perjalanan Anda ke Belanda pada bulan April bertepatan dengan Hari Raja. Pastikan untuk menandai tanggal 27 April di kalender Anda dan jelajahi berbagai acara dan aktivitas yang terjadi di seluruh negeri. Jangan lupa untuk ikut merayakannya dan ciptakan kenangan tak terlupakan!

Shine Your Light

Illuminate the World with Your Words!

Share your unique perspective and insights as a guest writer on twinklesobright.com.
Join us in spreading positivity and inspiration through your captivating guest post!

Guest Posting for Twinklesobright
Edit Template

Receive inspiration in your inbox

Don’t miss out on exclusive fashion tips and deals!
“Our data protection promise: We will never share your data or access your contact”

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.
Edit Template

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *